PAI IAIN PONOROGO- Dalam rangka menyambut kehadiran mahasiswa baru Pendidikan Aagama Islam sebagai bagian dari keluarga besar Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) PAI IAIN Ponorogo melaksanakan Orientasi Jurusan mahasiswa Pendidikan Agama Islam (OSJUR) PAI dikemas dalam istilah “Masa Ta’aruf Mahasiswa Baru” kemudian disingkat menjadi “MATAMABA”. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 2-3 September 2023 bertempat di Graha Watoe Dhakon IAIN Ponorogo.  Kegiatan ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru PAI IAIN Ponorogo angkatan 2023 sejumlah 427 peserta.

Muhammad Robert Jauhar selaku ketua panitia pelaksana menyatakan tema yang diangkut pada kegiatan tersebut adalah “Rekontruksi Nilai-nilai Ukhuwah Islamiyah demi Terwujudnya Mahasiswa PAI yang Beretika dan Bertanggung Jawab”. Harapannya dengan mengambil tema tersebut, para mahasiswa baru PAI dapat menerapkan etika, sopan santun dan tanggung jawab dalam memahami sesama, khususnya di dalam kehidupan bermasyarakat. Melihat kenyataan yang terjadi di masyarakat, masih banyak mahasiswa yang belum memiliki etika dan sopan santun terhadap sesama.

 

Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd selaku kepala jurusan PAI IAIN Ponorogo bersama dengan Wakil Dekan III Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, serta ketua DEMA FTIK, SEMA FTIK dan HMJ Se-FTIK menghadiri kegiatan pembukaan MATAMABA PAI 2023 yang dilaksanaan pada hari Sabtu, 2 September 2023. Kemudian setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan sesi seminar yang dinarasumberi oleh bapak Azmi Mustaqim, MA yang mengisi materi terkait Konsep Analisis Diri kemudian materi Orientasi Jurusan sebagai materi kedua pada hari pertama MATAMABA yang diisi oleh kepala jurusan PAI, bapak Dr. Kharisul Wathoni, M.Pd. Pada hari kedua MATAMABA seminar diisi oleh bapak Ibnu Hamdan Muzakki, S.Pd yang membawakan materi mengenai Keorganisasian sekaligus sebagai materi terakhir dalam kegiatan tersebut.

Setelah itu para mahasiswa baru ini dikenalkan mengenai iklim kampus dan keorganisasian dalam HMJ PAI berikut tugas perdevisi yang ada. Sebelum acara penutup diisi dengan pemilihan Koordinator Mahasiswa Angkatan (KMA) yang diikuti oleh beberapa peserta dan terpilihlah Arif Efendi sebagai Kang Mas PAI dan Cristiana Niken Palupi sebagai Mbak Yu PAI. Setelah itu kegiatan dilanjutkan dengan pentas seni yang sangat meriah, para peserta menampilkan karya terbaik mereka masing-masing.