Dalam usaha mewujudkan tujuan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo menuju UIN Ponorogo, salah satu aspirasi yang ingin dicapai adalah menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja serta mampu mengikuti perkembangan zaman dengan tetap memegang teguh prinsip aqidah Islam dan akhlak mulia. Untuk mencapai hal tersebut, diperlukan informasi mengenai relevansi kompetensi lulusan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dengan dunia kerja melalui kegiatan pelacakan alumni atau tracer study.
Tracer study merupakan kegiatan yang dilakukan oleh Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan untuk mendapatkan informasi mengenai pengalaman alumni di dunia kerja, dengan tujuan untuk memberikan umpan balik yang diperlukan dalam upaya pengembangan dan peningkatan kualitas sistem pendidikan.
Perkembangan dan kemajuan sebuah perguruan tinggi sangat dipengaruhi oleh peran dan kontribusi alumni. Oleh karena itu, kami terus berusaha menjalin komunikasi dengan alumni melalui berbagai media, termasuk pelacakan alumni (tracer study). Laporan hasil tracer study tahun 2022 ini akan sangat berguna bagi fakultas dalam melakukan evaluasi, perbaikan, dan peningkatan kualitas baik secara akademik maupun non-akademik. Selain itu, hasil tracer study juga akan berperan penting dalam pengisian borang untuk keperluan akreditasi program studi dan perguruan tinggi.
Pelacakan alumni Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Ponorogo pada tahun 2022 telah dilakukan mulai bulan Oktober hingga Desember 2022, terhadap para alumni lulusan tahun 2020 dan 2021.
Hasil tracer study telah dilaporkan oleh Gugus Penjamin Mutu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan kepada pimpinan fakultas sebagai masukan dan pertimbangan kebijakan bagi fakultas kedepan. Secara umum hasil Tracer Study arah alumni pasca lulus bekerja atau berkecimpung di lembaga/ bidang pendidikan sebagai guru dan beberapa melanjutkan studi Pascasarjana . Semoga hasil Tracer Study tahun 2022 ini membawa kebaikan dan kemajuan bagi fakultas untuk mengimplementasikan visi misi institut, fakultas dan program studi masing-masing